0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Februari, Penumpang Pesawat di Adi Soemarmo Turun 9,69 Persen

Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah penumpang maskapai udara yang datang melalui Bandara Adi Soemarmo pada periode Februari 2018 tercatat mengalami penurunan sebesar 9,69 persen. Penurunan penumpang paling signifikan terjadi untuk penerbangan Internasional. Pasalnya pada periode tersebut penerbangan komersial rute Solo-Kuala Lumpur yang dilayani oleh Air Asia resmi ditutup.

“Pada periode Februari kemarin jumlah penumpang maskapai udara tercatat mencapai 104.267 orang. Jumlah itu turun jika dibanding periode bulan sebelumnya yang mencapai 115.457 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Jumat (6/4).

Jumlah yang tercatat pada periode Februari itu, menurutnya seluruhnya untuk penumpang dengan penerbangan domestic. Sedangkan untuk kunjungan wisatawan mancanegara, tidak tercatat jumlah penumpang. Pasalnya sudah tidak ada lagi masapai yang melayani penerbangan internasional.

Kendati jumlah penumpang maskapai udara terjadi penurunan, namun Bagus menyampaikan untuk tingkat okupansi hotel justru terjadi lonjakan. Pasalnya pada periode tersebut cukup banyak promo yang ditawarkan hotel untuk menarik tamu atau wisatwan domestic.

“Kalau untuk tingkat hunian kamar, selama periode tersebut justru terpantau naik sekitar 7,46 persen. Karena selama periode tersebut ada program SGS yang digelar oleh Pemkot,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Pengembangan Strategis Dinas Pasriwisata Solo, Siti Khotimah menambahkan meski sudah tidak ada penerbangan internasional yang dilayani oleh maskapai, namun kunjungan wisman ke Solo terpantau masih tetap ada. Pasalnya mereka masih bisa menggunakan jalur darat setelah  memanfaatkan penerbangan di Jogjakarta dan Semarang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge