0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Juni, Seluruh Arena Asian Games Sudah Selesai Pengerjaannya

ilustrasi (sumber: Youtube)

Timlo.net — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengklaim sejumlah arena pertandingan yang masih dalam tahapan pembangunan ataupun renovasi akan selesai pada akhir Juni menyusul rencana Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) untuk memasang tenda-tenda tambahan di komplek Gelora Bung Karno.

“Kami sudah memutuskan untuk membuat dinding pembatas yang bersifat sementara di dekat bak pasir di Stadion Utama Gelora Bung Karno karena menyesuaikan dengan cagar budaya,” kata Direktur Bina Penataan Bangunan Direktorat Jenderal Cipta Karya KemenPUPR Iwan Suprijanto selepas mengikuti rapat koordinasi Asian Games dan Asian Para Games di Jakarta, Kamis (5/4).

Iwan mengatakan dinding pembatas di dekat bak pasir itu akan dikembalikan lagi sebagaimana bangunan awal setelah penyelenggaraan Asian Games.

“Bak pasir tidak perlu digeser karena itu sudah mendapatkan sertifikasi internasional,” kata Iwan tentang persyaratan dari Asosiasi Atletik Asia tentang perlombaan atletik Asian Games 2018.

Arena pertandingan lain yang juga menjadi target penyelesaian KemenPUPR pada akhir Juni adalah lapangan pertandingan cabang squash di Gelora Bung Karno (GBK).

“Kami sudah mulai pembongkaran lahan dan sudah mulai melakukan pembangunan konstruksi. Kami juga sudah menyiapkan empat blok konstruksi yang merupakan barang impor,” ujar Iwan.

Iwan mengatakan progres pembangunan lapangan squash akan semakin tampak setelah blok-blok konstruksi itu terpasangan di lokasi lapangan squash GBK.

“Kami juga sudah menyiapkan lapangan untuk cabang Ruby 7’s di lapangan D GBK dengan dukungan lampu sorot berkekuatan 1.500 lux yang sesuai kebutuhan standar penyiaran pada malam hari,” katanya.

Sementara, konstruksi tribun penonton di lapangan Rubgy 7’s akan menjadi tanggung jawab INASGOC dengan kapasitas di bawah 20 ribu kursi penonton.

“Arena perlombaan layar dan jetski di Ancol memang penugasan baru. Tapi, kami optimistis selesai pada 30 Juni meskipun target penyelesaian sesuai dengan kontrak pada 8 Agustus,” kata Iwan.

Iwan menambahkan bangunan arena perlombaan jetski Asian Games di Ancol telah didesain lebih menarik untuk memenuhi kebutuhan pariwisata setelah Asian Games.

“Progres untuk arena jetski dan layar telah mencapai 20,38 persen dan bangunan-bangunan di atas air merupakan konstruksi pra-cetak sehingga akan selesai lebih cepat,” ujarnya.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge