0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Drone Digunakan Untuk Selundupkan iPhone Senilai $80 Juta

Penyelundupan iPhone dengan drone. (ubergizmo.)

Timlo.net—Para penyelundup akan menggunakan segala cara untuk menghindari cukai seperti yang ditetapkan oleh hukum. Kadang-kadang mereka bisa lolos. Tapi pada akhirnya mereka akan tetap tertangkap. Itulah yang terjadi pada sekelompok penyelundup di Cina. Mereka menggunakan drone untuk menyelundupkan iPhone dengan nilai total $80 juta. Produk buatan Apple itu diselundupkan dari Hong Kong ke pusat teknologi di Shenzhen, Cina. Para petugas bea cukai di Shenzhen berhasil menangkap kelompok itu minggu lalu, tulis Ubergizmo.

Ada 26 tersangka yang ditangkap. Mereka menggunakan drone untuk aksi mereka. Menurut pemberitaan lokal, drone digunakan untuk menyelundupkan iPhone di perbatasan Hong Kong dan daratan Cina.

Para penyelundup beroperasi pada tengah malam. Mereka hanya perlu beberapa detik untuk menerbangkan tas-tas kecil melewati perbatasan. Satu tas hanya berisi 10 iPhone. Dalam semalam, mereka bisa menerbangkan 15 ribu iPhone.

Cina sendiri memperkenalkan aturan ketat untuk drone tahun lalu. Aturan itu untuk mencegah drone menghalangi jalur udara pesawat terbang. Aturan itu mengharuskan para pemilik drone sipil mendaftarkan drone dengan nama asli mereka. Drone yang harus didaftarkan memiliki berat tertentu. Bea cukai Shenzhen berkata mereka sudah lama mengawasi penyelundupan barang jenis ini. Mereka juga menggunakan drone untuk mendeteksi penyelundupan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge