0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Taj Mahal Batasi Durasi Kunjungan Turis

Taj Mahal. (The Canadian Press. )

Timlo.net—India menetapkan batas maksimal kunjungan para wisatawan untuk Taj Mahal adalah tiga jam. Batasan baru ini mulai berlaku sejak Minggu (1/4). Aturan baru ini diterapkan untuk mengurangi kemacetan.

Pengurus lokasi wisata itu juga berharap aturan baru itu mencegah para wisatawan tinggal terlalu lama. Taj Mahal sendiri dikunjungi 8 juta wisatawan setiap tahunnya. Arkeolog pengawas Bhuvan Vikram berkata kepada Sky News: “Kami memutuskan tiga jam adalah waktu yang cukup untuk para turis melihat the Taj, bahkan dengan kecepatan santai. Kami akan mengawasi aturan ini untuk baik saat bulan high dan low season dan lalu memutuskan apakah kami perlu mengembangkan prosesnya.”

Anak-anak di bawah usia 15 tahun dulu bisa masuk secara gratis. Tapi di bawah aturan baru ini, mereka akan diberi tiket gratis. Tujuannya untuk memperoleh jumlah orang yang masuk secara akurat. Waktu masuk akan dicantumkan dalam tiket. Saat keluar, waktunya akan dihitung.

Jika seorang turis tinggal melebihi aturan, dia akan diharuskan sebuah tiket baru. Sebelum aturan ini muncul, ada wacana untuk membatasi jumlah kunjungan turis yang masuk. Terutama setelah muncul keluhan jika ada polusi manusia di tempat wisata itu. Setiap harinya, Taj Mahal dikunjungi 40 ribu orang. Tapi Bhuvan berkata jika aturan baru ini berhasil, maka mereka tidak perlu membatasi jumlah pengunjung.

Taj Mahal adalah salah satu tempat wisata yang paling sering dikunjungi di India. Monumen itu menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO pada 1983. Tapi para menteri berkata jika monumen itu tidak mencerminkan budaya India. Tempat itu lantas tidak disertakan dalam brosur pariwisata resmi. Selain itu, Taj juga tidak memperoleh anggaran warisan budaya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge