0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ada Kehidupan Asing Tinggal di Planet Venus?

Venus. (indy100.com)

Timlo.net—Venus adalah salah satu planet yang paling sulit dihuni dalam sistem tata surya kita. Tapi planet ini masih bisa ditinggali. Menurut penelitian, awan asam pada Venus bisa didiami kehidupan mikroba sederhana. Hasil penelitian dijabarkan secara detil pada jurnal Astrobiology.

Para peneliti menyelidiki partikel-partikel tidak dikenali. Partikel itu membuat titik-titik hitam di dalam awan di planet itu. Dengan menggunakan ultraviolet, mereka menemukan jika partikel itu terbuat dari asam sulfur dan partikel penyerap cahaya.

Salah satu peneliti Profesor Rakesh Mogul adalah ahli kimia biologi dari California State Polytechnic University, Pomona, Amerika Serikat (AS). Dia menjelaskan jika bakteri bisa menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kehadiran asam sulfur.

“Di Bumi, kita tahu jika kehidupan bisa bertahan dalam kondisi sangat asam, bisa mengkonsumsi karbon dioksida, dan memproduksi asam sulfur,” ujar Rakesh dilansir dari Indy100.com.

Pemimpin penelitian Sanjay Limaye, dari the University of Wisconsin-Madison’s Space Science and Engineering Center menambahkan, “Venus punya banyak waktu untuk mengembangkan kehidupan sendiri. Jauh lebih lama dibandingkan yang dipercaya terjadi di Mars.”

Menurut beberapa model penelitian, Venus memiliki iklim yang bisa dihuni hingga kurang lebih 2 miliar tahun. Planet itu punya ukuran dan struktur yang sama dengan Bumi. Tapi Venus punya atmosfer yang tebal dan beracun. Suhunya cukup panas untuk melelehkan timah. Kilasan di balik awan menunjukkan planet yang dipenuhi gunung berapi dan gunung yang berbentuk tidak normal.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge