0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Menhub Sidak Bus Tak Laik Jalan, Kepala Terminal Tirtonadi : Kita Kekurangan Personel

Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Supriyanto ()

Solo — Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Supriyanto mengaku kesulitan mengawasi kelayakan armada bus di terminalnya. Hal ini disampaikan Joko menanggapi kritik keras yang dilontarkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menemukan sejumlah bus tak laik jalan saat sidak di terminal Tipe A di Solo itu.

“Masalahnya kita cuma punya satu pengawas ya. Sulit untuk mengawasi semua,” kata Joko saat berbincang dengan Timlo.net di Stasiun Balapan, Minggu (1/4).

Menurut Joko, untuk menentukan kelayakan armada dibutuhkan penguji yang memiliki pengetahuan teknis yang memadai. Saat ini, Tirtonadi hanya memiliki satu orang melawan 1.800-an unit bus per hari. Akibatnya, pengawasan terpaksa dilakukan sebatas administratif. Meski sesekali dilakukan pengujian fisik, Joko mengaku kesulitan jika harus mengawasi satu per satu.

“Secara administratif semua sudah beres. Cuma kadang-kadang pengawasan teknis yang kita kesulitan,” kata dia.

Joko menambahkan pihaknya telah mengajukan permohonan tambahan pengawas kepada Direktorat Perhubungan Darat sejak Januari lalu. Namun hingga saat ini permohonan tersebut belum dikabulkan.

“Kita akan ikutkan satu atau dua orang untuk sertifikasi penguji. Ini demi keamanan dan kenyamanan pengguna bus,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemukan sejumlah bus tak laik jalan saat meninjau Terminal Tirtonadi. Peninjauan tersebut dilaksanakan mendadak di sela kunjungannya ke Solo untuk memastikan kelancaran proyek pembangunan jalur Kereta Api Stasiun Balapan – Bandara Adi Sumarmo.

“Untuk Terminal Tirtonadi ada beberapa hal yang harus kita evaluasi. Tadi kita meninjau di Terminal banyak yang busnya jelek,” kata Budi Karya Sumadi kepada wartawan saat ditemui di Stasiun Balapan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge