0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Umat Hindu di Bali Gelar Ritual Tumpek Landep

Ritual agama Hindu di Bali (flickr)

Timlo.net – Umat Hindu di Kabupaten Buleleng, Bali, melakukan ritual Hari Suci “Tumpek Landep” untuk menyucikan benda-benda sakral.

“Benda sakral itu keris, pretima, pisau, motor, mobil, sepeda, komputer, dan alat-alat yang lainnya,” kata pemuput upacara, Jro Mangku Manka, di Kebon Sari, Singaraja, Minggu (1/4).

Ia mengatakan upacara ini juga sebagai rasa hormat kepada Ida Sang Hyang Pasupati yang selama ini telah menuntun semua jiwa saat bekerja.

Selain itu, Hari Suci Tumpek Landep juga tepat pada “Purnama Kedasa” atau hari terbaik untuk melakukan upacara yang lain juga.

“Ritual yang bisa dilakukan saat hari terbaik adalah menyucikan rumah yang baru dibangun,” katanya.

Setelah itu, ada upacara ‘Memangguh’ atau membersihkan pekarangan di sekitar rumah, yang bertujuan menciptakan energi positif.

Ada empat tempat yang disakralkan yakni bhumi (ibu pertiwi) dengan melakukan penyucian halaman rumah, prasada (menyucikan tempat sembahyang dan tempat tidur), yana (kendaraan) dan sayana (kursi, meja dan perlengkapan di dalam rumah tangga).

“Oleh karena itu, rangkaian ritual Tumpek Landep juga berarti memuja potensi Dewa Siva dan energi Vastu Purusa yang memberikan kedamaian dan kemujuran hidup manusia bagi setiap makhluk hidup,” kata Manka.

Senada dengan itu, Pembina Hotri Jagatnatha Gaurangga, Sukadewa Dasa, menjelaskan upacara ‘Tumpek Landep’ selain melaksanakan penyucian senjata, juga memuja Vastu Purusa (menurut Veda) atau yang dikenal di Bali sebagai Ida Sang Hyang Pasupati.

“‘Tumpek Landep’ berarti memuja potensi Dewa Siva dan energi Vastu Purusa yang memberikan kedamaian dan kemujuran hidup manusia,” katanya.

Sumber : Antara

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge