0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Earth Hour Berhasil Tekan Konsumsi Listrik 7,28 Persen

Kampanye Earth Hour di Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Peringatan Earth Hour yang dilakukan sejumlah hotel dan instansi pada Sabtu (24/3) kemarin dianggap berdampak signifikan terhadap penurunan tingkat konsumsi listrik. Dari data yang berhasil dihimpun dari PLN area Solo, selama peringatan berlangsung penurunan tingkat konsumsi tersebut sedikitnya mencapai 7,28 persen.

“Meski hanya berlangsung satu jam, peringatan hari bumi cukup signifikan menurunkan tingkat konsumsi listrik,” ujar Manager PLN Area Solo, Mundakir kepada wartawan, Selasa (27/3).

Dari data yang tercatat di PLN, pengematan beban listrik untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY selama peringatan itu mencapai sekitar 7,28 persen.

Pada peringatan hari bumi itu,  lanjut dia penurunan konsumsi listrik mulai terlihat pukul 20.30 hingga pukul 21.00 WIB, dimana beban listrik turun mencapai 134 mega watt (MW). Sedangkan pukul 21.00 – 21.30 WIB total penurunan mencapai 132 mega watt (MW).

Sehingga total penurunan selam peringatan hari bumi itu sebesar 266 mega watt (MW).

“Jika dibandingkan tahun sebelumnya, penurunan beban listrik pada peringatan Earth Hour 2018 meningkat sekitar 2 MW,” terangnya.

Sementara itu, gerakan pemadaman listrik yang dilakukan untuk memperingati Hari Bumi itu setidaknya dilakukan oleh sejumlah hotel dan instansi. Salah satu hotel yang ikut memperingati tersebut adalah Swiss-Belinn Saripetojo Solo. Executive Secretary & Public Relation Swiss-Belinn Saripetojo Solo Zelda Fibri menyampaikan, pemadaman listrik itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi. Beberapa area hotel yang dilakukan pemadaman listrik disebutkan dia antara lain area publik, restoran dan eksterior hotel.

“Kita juga mengajak para tamu pada malam itu untuk ikut berpartisipasi. Dengan cara melakukan pemadaman listrik selama satu jam,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge