0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Komunitas Alumni Perguruan Tinggi Dorong Industri Kreatif

Raker KAPT Jateng (foto: Setyo Pujis)

Solo — Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif di Jawa Tengah. Bidang industri kreatif dipilih sebagai fokus gerakan, karena dianggap tidak perlu membutuhkan modal yang tinggi dan dapat dilakukan dimana saja sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

“Untuk dapat mengembangkan industri kreatif sebenarnya di era serba teknologi sekarang ini relatif mudah. Karena yang dibutuhkan bukan modal yang besar. Melainkan proses pengelolaan yang inovatif atau baru,” ujar Koordinator KAPT Jawa Tengah, Toto Sih Setyo Adi disela acara Raker yang dilakukan di hotel De Solo, Sabtu (24/3).

Upaya yang akan dilakukan untuk dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif itu, menurutnya KAPT sudah merumuskan sejumlah strategi. Diantaranya adalah pemetaan potensi daerah di masing-masing Kabupaten dan Kota, melakukan pelatihan atau pendampingan usaha serta yang tidak kalah penting adalah membantu masyarakat untuk membukakan akses pembiayaan.

“Kalau berbicara industri kreatif tentu produknya bisa apa saja. Baik pakaian, kuliner, wisata dan lainnya. Dan untuk pelatihan dan akses modal kita akan coba lakukan kerjasama dengan instansi lainnya,” terang dia.

Sementara itu, Koordinator harian KAPT Nasional, Martin Siregar menambahkan, dengan adanya dorongan dan pertumbuhan industri kreatif di Jawa Tengah diharapkan dapat menciptakan wirausahawan baru. Dengan demikian, bisa membendung arus urbanisasi dari desa ke kota.

“Kita akan fokus melakukan gerakan ini dari bawah, seperti desa dan kecamatan. Karena kantong kemiskinan itu kebanyakan berasal dari sana. Sehingga dengan adanya peningkatan kesadaran melakukan wirausaha, harapan kami potensi disetiap daerah bisa terangkat dan bisa menekan arus urbanisasi,” tandasnya

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge