0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polres Karanganyar Tanam Pohon dan Bersihkan Sampah Telaga Madirda

Anggota Polres Karanganyar dan para bintara membersihkan tanaman eceng gondok di Telaga Madirda, Desa Berjo, Ngargoyoso. (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Peringati Hari Air Sedunia, anggota Polres Karanganyar dari berbagai satuan tugas bekerja bakti membersihkan sampah pengunjung di Telaga Madirda, Desa Berjo, Ngargoyoso, Kamis (22/3). Mereka menyontohkan cara benar merawat dan melestarikan sumber daya alam.

“Dalam rangka Hari Air Sedunia, kita menyampaikan ke masyarakat Desa Berjo bahwa Telaga Madirda sangat vital bagi kehidupan. Kalau tidak sekarang, lalu kapan lagi memulainya? Kita lihat kunjungan di sini makin ramai. Yang dikhawatirkan sampah,” kata Wakapolres Karanganyar Kompol Dyah Wahyuning Hapsari kepada wartawan di lokasi, Kamis (22/3).

Para polisi pria dan wanita ini memulai aksinya dengan memungut sampah bekas makanan dan minuman pengunjung obyek wisata itu. Masing-masing anggota menenteng wadah sampah dari kantung plastik warna hitam. Mereka berusaha menyingkirkan sampah itu sejauh pandangan mata, kemudian membuangnya ke tong sampah.

Bribda Arhanis, Maheswari dan kawan-kawannya tak ragu membenamkan kakinya ke telaga untuk menjangkau tanaman eceng gondok di tepian. Tanaman itu pada musim penghujan tumbuh subur di sana. Jika tanaman itu terlalu banyak akan mengurangi kapasitas tampung air telaga eksotis itu. Para polwan membabat habis eceng gondok kemudian memasukkannya ke kantung sampah. Di lapangan sekitar telaga juga ditanam bibit pohon damar. Harapannya, akar pohon itu akan membantu menyimpan kandungan air lereng Lawu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge