0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

USBN 2018 Masih Berbasis Kertas

Kepala Bidang Pendidikan Dasar SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta Bambang Wahyono (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Dinas Pendidikan (Disdik) memastikan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih dengan berbasis kertas. UN tahun 2018 untuk SMP sederajat di Solo bakal berbasis lomputer.

“Memang sejauh ini belum atau tidak ada arahan dari pemerintah pusat maupun provinsi untuk melaksanakan dengan berbasis komputer. Jadi untuk Solo hanya UN yang dilaksanakan berbasis komputer 100 persen,” ujar Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Bambang Wahyono Jumat (23/3).

Bambang mengaku, terkait persiapan USBN 2018, Disdik sudah menyosialisasikan kepada sekolah-sekolah bersamaan dengan sosialisasi pelaksanaan UNBK saat pertemuan di SMP Negeri (SMPN) 4 Solo, Senin (19/3) lalu.

“Bahkan kami sudah meminta kepada Ketua Panitia Ujian, baik tentang UNBK maupun USBN, agar masing-masing mematangkan persiapannya, dalam hal sarana-prasarana, personel, dan sebagainya,” kata dia.

Sesuai arahan dari pemerintah pusat, kata Bambang, penyusunan naskah soal USBN tahun ini melibatkan guru dari berbagai sekolah untuk membuat butir-butir soal dengan porsi 75 sampai 80 persen, kemudian digabungkan dengan 20 sampai 25 persen soal yang disiapkan oleh pusat.

“Soal itu kemudian diperiksa dan dirakit bersama oleh KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP, di bawah koordinasi dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota atau Kanwil/Kantor Kementerian Agama (Kemenag). Standar dan kisi-kisi ditetapkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan),” ungkapnya.

Sementara itu, pelaksanaan USBN 2018 dijadwalkan Senin-Jumat (9-13/4) dan Senin (16/4) untuk Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama. Sedangkan UNBK Utama dijadwalkan Senin-Kamis (23-26/4) dan UNBK Susulan Selasa-Rabu (8-9/5).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge