0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Cara Karyawan Toko Emas Mencuri Perhiasan

Foto tersangka pencurian perhiasan dalam berkas pemeriksaan (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Aksi pencurian karyawan Toko Mas Doro, Joe An (65) dilakukan saat kondisi toko dalam keadaan sepi. Saat kondisi sepi itulah, tersangka mengambil perhiasan baik itu kalung, cincin hingga gelang.

“Ngambilnya itu sehari cuma satu perhiasan. Tapi dilakukan secara rutin sejak 2009 silam,” terang Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Solo, Endang Sapto Pauli saat berbincang dengan wartawan, Jumat (23/3) siang.

Usai mencuri perhiasan di tempat dia bekerja, kata Endang, tersangka lalu menyembunyikan di kantong celananya. Setelah berhasil membawa keluar, tersangka membawa emas itu ke pegadaian. Tercatat, sejak 2009 lalu ada lima pegadaian yang digunakan oleh tersangka untuk “menitipkan” barang hasil curiannya tersebut.

“Jadi gak cuma satu pegadaian saja yang digunakan tersangka ini untuk menukarkan barang curiannya. Ada empat pegadaian di Solo dan satu di Sukoharjo,” jelasnya.

Selama bertahun-tahun, lanjut Endang, tersangka selalu membayar bunga dari barang yang digadaikan tersebut. Dengan begitu, aksi yang dilakukannya tidak terbongkar. Akan tetapi, makin banyaknya perhiasan yang digadaikan itu membuat pihak pegadaian merasa curiga. Hingga akhirnya, korban melaporkan kasus tersebut hingga akhirnya dicocokkan dengan bukti yang ada di pegadaian.

“Dari sinilah kasus itu terbongkar, dan tersangka mengakui telah berbuat kejahatan,” kata Endang.

Selain menangkap tersangka, aparat juga telah mengamankan barang bukti berupa perhiaaan emas seberat 10 kilogram dengan total mencapai Rp 4,5 miliar.

Akibat perbuatannya, tersangka disangkakan Pasal 362 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge