0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Gelombang Tinggi, Nelayan Berhenti Melaut

Ombak tinggi di pantai  Paranggupito (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Gelombang tinggi laut selatan Jawa, membuat nelayan di Kecamatan Paranggupito memilih bersandar. Tak hanya itu, nelayan tradisional juga menghentikan berburu lobster.

“Sudah dua hari ini berhenti melaut. Ketinggian ombak di pantai-pantai Paranggupito berkisar 3-5 meter. Jadi, nelayan tidak berani melaut,” kata ketua koperasi nelayan Parang Bahari Paranggupito, Dwi Hartono, Kamis (22/3).

Kondisi ini membuat kegiatan pelalangan ikan di sepanjang garis pantai tersebut juga terhenti. Gelombang tinggi juga berimbas pada nelayan pencari lobster. Sebab, hantaman ombak yang besar membuat nelayan ini ketakutan.

”Saat laut dalam kondisi normal, para nelayan tradisional biasa menuruni tebing-tebing pantai untuk mencari umpan lobster. Namun ketika gelombang pasang, mereka mengurungkan niat untuk berburu lobster,” lanjutnya.

Meski demikian, kata dia, gelombang tinggi ini tidak sampai merusak warung-warung di sepanjang Pantai Nampu. Sebab, warung-warung ini didirikan jauh dari jangkauan ombak.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge