0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hukum di Kota Ini Warganya Tidak Diizinkan Untuk Mati

Kota Longyearbyen. (indy100.com. )

Timlo.net—Kota Longyearbyen ini terlihat cukup mistis. Tapi hal ini bukan karena sihir Kutub Utara yang memberikan warga kota kehidupan abadi. Rupanya hal ini karena hukum di kota itu tidak mengizinkan orang secara legal mati di sana. Terutama karena cuaca kota itu yang sangat dingin.

Kota itu terletak di kepuluan Svalbard di Norwegia, berada di tengah Norwegia dan Kutub Utara. Longyearbyen memiliki penduduk sekitar 2000 orang. Kota itu dikenal sebagai kota berpenduduk di bagian paling utara Bumi. Tidak ada cahaya matahari di kota itu hingga beberapa bulan dalam setahun, tulis Indy100.com.

Dulu kala, penduduk lokal menemukan jika mayat yang dikubur di pemakaman tidak bisa membusuk. Oleh karena itu pada 1950-an, sebuah hukum diberlakukan. Hukum itu menyatakan jika mati di kota itu adalah tindakan ilegal.

Penduduk takut jika orang yang meninggal karena penyakit dan dikubur di sana, penyakitnya bisa menginfeksi para penduduk. Selain mati, dikubur di kota itu juga adalah tindakan yang melanggar hukum.

Ketakutan penduduk di sana bukanlah hal yang berlebihan. Para ilmuwan menggali mayat-mayat penduduk yang meninggal karena wabah flu pada 1918. Mereka masih bisa memperoleh sampel virus flu yang hidup 80 tahun kemudian.

Sekalipun Anda sudah hidup di kepulauan itu sepanjang umur Anda, Anda tetap tidak boleh dikubur di sana. Kremasi bisa menjadi pilihan. Tapi warga yang sakit parah biasanya diterbangkan ke daratan utama Norwegia. Di sanalah mereka diperbolehkan mati dan dikubur.

Jan Christian Meyer dari the Norweigian University of Science and Technology berkata,” Jika Anda terlihat akan meninggal, segala usaha akan dilakukan supaya Anda dikirim ke daratan utama.”

Jumlah kelahiran di kota itu kecil. Di sana memang ada sebuah rumah sakit kecil. Tapi ibu hamil yang akan melahirkan, disarankan terbang ke Norwegia untuk melahirkan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge