0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Musrenbangwil, Sragen Usulkan Pengembangan Wisata Sangiran

Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dalam Musrenbangwil Eks Karesidenan Surakarta 2018 (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Kabupaten Sragen mengajukan perbaikan infrastruktur stategis pengembangan kawasan Museum Sangiran dan Gunung Kemukus dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) Eks Karesidenan Surakarta 2018.

Kegiatan yang diikuti sejumlah kepala daerah di wilayah eks Karisidenan Surakarta ini digelar di Pendopo Sumonegaran Sragen.

”Tidak ada Sangiran, tentu tidak ada Sragen, oleh karena itu kami akan menambah gading gajah sebagai pintu masuk dari Jawa Timur ke Jawa Tengah,” kata Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Selasa (20/3).

Bupati Yuni menyampaikan, pengajuan sebagai tuan rumah pada tahun lalu, yaitu pemerintah provinsi sudah membangunkan tugu perbatasan dengan Jatim lebih baik. Kedepan akan ditambahkan ciri khas Sragen berupa gading gajah purba di kawasan perbatasan.

”Kegiatan 2019 terbagi atas tiga hal, kami mengoptimalkan agar Sangiran jadi prioritas utama, agar Sangiran jadi salah satu pusat pariwisata di Jateng,” terangnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko diikuti kepala daerah yang lain. Seperti Bupati Klaten Sri Mulyani dan perwakilan dari Kabupaten Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, Sukoharjo dan Kota Solo.

Sebelum pembukaan acara, Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko berkeliling menyaksikan Pameran Produk Unggulan UMKM dari Sragen dan kabupaten lainnya. Pameran ini sendiri digelar dua hari sejak Senin – Selasa. Beragam produk ditawarkan mulai dari kuliner olahan hingga batik dan souvenir.

Sementara itu, Plt Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko menyampaikan terkait Musrenbangwil, pembangunan sudah biasa. Hanya dalam hal ini pemerintah Provinsi bergandeng erat dengan pemerintahan kabupaten yang terintegrasi dan maju bersama.

Soal usulan dari Sragen dan kabupaten/kota yang lain, pihaknnya menyampaikan usulan itu dipandang penting. Hal ini akan dibahas bersama dan dilihat dengan skala prioritas dan perlu tunjangan fiskal.

”Salah satu yang dipandang penting juga, akan dimatangkan bersama dan akan proses lebih lanjut,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge