0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkot Wajibkan Setiap Bangunan Tersambung ke Jaringan Air Limbah Kota

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Kota Solo terus berusaha membenahi tata kelola limbah di wilayahnya. Tak hanya sekadar wacana, Pemerintah Kota mulai mengambil langkah konkrit dengan menerapkan wajib sedot lumpur tinja berkala kepada seluruh warganya.

“Sederhana saja. Kalau tidak kita siapkan sekarang, anak cucu kita besok tidak akan kebagian air bersih,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (20/3).

Peraturan terkait pengolahan lumpur tinja sebenarnya telah ditetapkan oleh Rudy melalui Peraturan Walikota (Perwali) No 16-A tahun 2014. Perwali tersebut mengamanatkan setiap bangunan harus tersambung ke jaringan Sistem Air Limbah Kota yang dikelola Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Solo. Sedangkan untuk bangunan yang tidak memilki akses terhadap jaringan tersebut harus melakukan sedot tinja berkala yang dijadwalkan 2-5 tahun sekali.

Tarif pengolahan limbah dan jasa sedot tinja terjadwal ditetapkan melalu Perwali No 16-B tahun 2015. Belakangan, pada tahun 2016, Walikota merevisi Perwali No 16-A tahun 2014 dengan Perwali No 8 Tahun 2016 dengan sedikit perubahan di Pasal 4 dengan tambahan tarif yang ditetapkan wajib mendapat persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo.

“Menurut Perwali, seharusnya tahun 2021, semua bangunan harus sudah tersambung ke sistem Air Limbah Kota atau terdaftar sebagai pelanggan sedot tinja terjadwal,” kata Rudy.

Sementara itu, Direktur PDAM Solo, Maryanto mengatakan secara teknis PDAM siap menjalankan program tersebut. Saat ini, PDAM mengoperasikan tiga pompa sanitasi di Pucangsawit, Semanggi, dan Mojosongo. Untuk memaksimalkan jumlah pelanggan, pihaknya akan lebih gencar mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat.

“Rencananya mulai 23 Maret kita akan sosialisasi lebih intens. Kita akan keliling ke kelurahan-kelurahan untuk agar bisa langsung ke masyarakat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge