0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Percepatan Lelang Diapresiasi

Karanganyar — Pengguna anggaran pemerintah diminta mempercepat dokumen kebutuhan pelelangan. Ini menghindari kebiasaan proyek menumpuk di akhir tahun.

“Dari sebelum penetapan APBD tahun lalu memang diimbau membuat gambarnya dulu. Jadi, tidak perlu menunggu tahun anggaran berjalan. Ini lebih efektif. Saat APBD sudah digedok, tinggal melelangkan. Dokumennya juga lengkap,” kata Asisten Sekda Bidang Ekbangkesra, Siti Maesyaroch, Selasa (20/3).

Ia mengapresiasi organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersegera mengirim dokumen lelang ke unit lelang dan pengadaan (ULP).

Sekretaris Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Pemkab Karanganyar, Heru Edi Arfianto mengatakan dokumen itu antara lain permohonan lelang di tanda tangani pejabat pembuat komitmen (PPK), spesifikasi, kalau bangunan konstruksi harus ada gambar, dan lain-lain. Heru menuturkan pengajuan paket proyek pembangunan pada tahun ini relatif cepat apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ia menyadari organisasi perangkat daerah (OPD) didesak mempercepat permohonan lelang agar pekerjaan tidak menumpuk di belakang. Ia menyebut proses pelelangan menjadi domain peminatnya. Bisa jadi, lelang itu gagal akibat faktor tertentu.

“Rata-rata gagal karena administrasi, kadang soal teknis. Ini kan by system jadi ya kalau salah satu gagal ya langsung gugur,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge