0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Panglima TNI Ungkap Ancaman Terbesar NKRI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai memberikan pengarahan ke parjurit TNI, bersiap menandatangani prasasti di Mako Kopassus grup II (foto: Putra Kurniawan)

Sukoharjo – Panglima TNI melakukan kunjungan ke Markas Komando Kopassus Grup II Kandang menjangan, kartasura, Selasa (20/3) siang. Di hadapan 1.500 anggota TNI, panglima menyampaikan adanya tiga ancaman terbesar di era revolusi industri keempat yang akan dihadapi Bangsa Indonesia ke depan.

“Ada tiga ancaman terbesar di era moderenisasi saat ini, yang pertama cyber threats, bilogycal threats dan ancaman kesenjangan ekonomi. Medan perang kita nantinya akan berubah, dari perang dengan militer menuju perang tanpa militer, tapi kita tetap punya peran penting dan harus siap sejak sekarang,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Selasa (20/3).

Prajurit TNI diminta untuk tidak mengurung diri di dalam barak, dan wajib untuk membuka diri dan menyesuaikan dengan kondisi dan jaman di era revolusi industri 4.0. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi saat ini, menciptakan pasar digital yang mempermudah akses masyarakat, namun dampaknya juga sangat luar biasa berbahaya bagi keutuhan NKRI.

Dicontohkan, dari sekitar 450 ribu prajurit TNI sekitar 80 persennya dipastikan sudah terhubung dengan internet dengan membuka media sosial ataupun mengakses informasi lainnya. Namun tidak disadari dari kegatan ini telah memberikan informasi dan data pribadi kepada pihak yang mengendalikan teknologi tersebut.

“Dalam kegiatan apapun, misalnya anggota latihan nembak, selfie dan diupload di media sosial, tentunya secara tidak mereka sadari telah memberikan informasi. Data diri, keluarga, kebiasaan dan di mana dia berada sebenarnya bisa diketahui dengan mudah, dan ini sangat berbahaya kalau tidak kita sadari sejak dini,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge