0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sejumlah Komoditas Naik,TPID Solo Tingkatkan Koordinasi dengan Distributor

Pedagang telur di Pasar Legi Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional. Dari sidak yang dilakukan, sejumlah komoditas kebutuhan pokok terpantau mengalami kenaikan.

“Dari pantauan yang kita lakukan ada beberapa komoditas mengalami kenaikan harga. Namun juga ada yang mulai turun, ” ujar Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Selasa (20/3).

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga diantaranya adalah bawang putih, yaitu dari sebelumnya Rp 45 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Nangka muda dari sebelumnya Rp 5 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram, daging ayam ras dari sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp 25 ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Untuk menekan gejolak harga kita akan melakukan koordinasi dengan para distributor besar, agar tidak ada disparitas harga yang terlalu tinggi, ” terangnya

Kendati sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga, disebutkan dia untuk komoditas beras justru terpantau turun Rp 1.000 per kilogram. Kondisi itu dipengaruhi karena sejumlah daerah banyak yang sudah masuk musim panen.

” Kalau melihat kondisi harga dipasaran saat ini, pada periode Maret sepertinya tidak akan deflasi. Kalaupun inflasi harapannya lebih kecil dari periode sebelumnya, ” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Samini (50) menyampaikan, harga bawang selama beberapa hari terakhir memang diakui mengalami lonjakan harga. Pasalnya pasokan barang sulit didapat, bahkan selama sepekan terakhir tidak ada pasokan yang datang.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge