0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UNIBA Ajukan Prodi Teknik Perbatikan

Solo – Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta berobsesi memilik Program Studi (Prodi) Teknik Perbatikan. Program studi yang tidak hanya mempelajari proses dan mendesain serta menciptakan batik, tetapi menciptakan alat dan memprogram secara digital perihal pebatikan.

“Program studi Teknik Perbatikan untuk program strata satu merupakan salah satu prodi yang kami ajukan pada tahun 2018 ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenritekdikti) untuk dimintai ijin,” ungkap Rektor UNIBA Surakarta, Dr. Pramono Hadi, S.P., M.Si kepada Timlo.net, Selasa (20/3).

Pramono mengatakan, latar belakang UNIBA akan membuka prodi Teknik Perbatikan, diantaranya ingin menguri-uri atau melestarikan budaya Jawa terkait batik, dan mempelajari teknik Perbatikan belum ada.

“Kalau ajuan Prodi Teknik Perbatikan di-ACC oleh Kemenristekdikti sebelum tahun akademik baru, penerimaan mahasiswa baru Prodi Teknik Perbatikan kami buka. Targetnya kami harapkan tahun 2018 ini SK keluar, sebab baik sumber daya manusia maupun prasarana lainnya, termasuk laboratorium sudah siap,” ujarnya.

Lebih lanjut Rektor UNIBA mengemukakan, program studi Teknik Perbatikan arahnya bukan mempelajari manajemen dan desain semata tetapi mempelajari tentang metode, sistem, pencampuran warna, pemilihan kain, penciptaan warna, dan sebagainya.

“Intinya bagaimana teknik-tekniknya membatik. Sehingga prodi ini merupakan prodi baru sebagai sebuah prodi perbatikan. Diharapkan kedepannya hasil penelitian dan penciptaannya bisa sebagai sumber paten,” jelas Pramono.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge