0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Taj Yasin Tanggapi Soal Anggota Panwas Tak Mau Diajak Salaman Ganjar

Taj Yasin (kiri) (sumber: Facebook)

Timlo.net – Sikap petugas Panwas Kabupaten Jepara yang tidak mau diajak bersalaman oleh Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kampanye di daerah Jepara pada Minggu (18/3) kemarin menuai sorotan. Tindakan petugas panwas yang ingin menunjukkan netralitasnya ini menuai pro-kontra.

Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) mengatakan bahwa dalam ajaran agama Islam, bersalaman bisa menghilangkan dosa sekaligus menyambung tali silaturahim.

“Kalau dalam Islam, bersalaman atau berjabat tangan bisa menghilangkan dosa-dosa, tidak ada yang perlu ditakuti kalau hanya bersalaman,” katanya, Selasa (20/3).

Putra ulama karismatik Kiai Haji Maimoen Zubair itu bahkan mengutip Hadits Nabi yang berisi “Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah (HR Abu Dawud)”.

Menurut dia, bersalaman dengan salah satu kandidat Pilgub Jateng bukan berarti mendukung pasangan calon tersebut.

“Jangan sampai pilkada malah menjauhkan tali silaturahim,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan itu.

Yasin menyebutkan petugas panwas tetap bisa bersikap profesional dan netral meski bersalaman dengan pasangan calon.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah Fajar Subhi saat dikonfirmasi menegaskan tidak ada larangan bagi petugas panitia pengawas untuk bersalaman dengan para calon kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Anggota tidak saya larang dan tidak saya perintahkan untuk bersalaman, saya hanya mengharapkan anggota untuk netral, tidak hanya di hati tapi juga pada tindakan,” katanya.

Pada Pilgub Jateng 2018, pasangan Cagub Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar mendapat nomor urut 1.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge