0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Komputer Simulasi UNBK SMP Teratasi

Kepala Bidang Pendidikan Dasar SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta Bambang Wahyono (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Perlengkapan sarana komputer di semua sekolah sudah terasi saat berlangsungnya simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP di Kota Solo. Simulasi dilakukan secara serentak di SMP Kota Solo, Senin (19/3).

“Kendati ada lima sekolah yang belum terpenuhi, Dinas Pendidikan Kota Solo sudah memberikan solusi dengan meminjam tempat di SMAN 3 Surakarta,” ungkap Kepala Bidang Dasar SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta, Bambang Wahyono.

Bambang mengakui memang ada lima sekolah yang belum memiliki perlengkapan komputer. Kelima sekolah tersebut adalah SMP Dharma Pancasila, SMP Islam Bhakti 1, SMP Tripusaka, SMP Focus Independent School, dan SMP Bina Widya. Dengan total peserta 85 siswa.

“Sekolah tersebut juga sudah menjalani simulasi di SMAN 3 Surakarta. Hak dan kewajiban mereka sama seperti sekolah lain yang menggelar UNBK di sekolahnya masing-masing,” jelasnya.

Menurut dia, teknis pelaksanaan, penjadwalan, dan sistem pelaksanaan kegiatan sama seperti sekolah lainnya yang menggelar UNBK di sekolah sendiri. Hanya saja, khusus lima sekolah tersebut meminjam tempat di SMAN 3 Surakarta lantaran tidak memiliki sarana yang mencukupi.

“Lima sekolah tersebut mempunyai pengawas dan proktor masing-masing. Walaupun bertempat di satu laboratorium, masing-masing sekolah berdiri sendiri. Jadi tiap sekolah memiliki proktor yang stand by di SMAN 3 Surakarta,” ungkapnya.

Saat ini, kata Bambang, sebanyak 82 SMP dan MTs baik negeri dan swasta di Solo semuanya sudah menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

“Tahun ini, Solo tidak ada lagi ujian kertas,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge