0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Otoritas Bandara Adi Soemarmo Sita Power Bank Penumpang

Calon penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Otoritas Bandara Internasional Adi Soemarmo mulai melakukan pengetatan barang bawaan dari para penumpang. Hal itu dilakukan menyusul adanya larangan penggunaan power bank dari Kementerian Perhubungan.

“Untuk pengecekan power bank, sudah mulai kita lakukan sejak dua hari yang lalu,” ujar Operation and Service Departement Manager PT AP I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto saat dihubungi wartawan, Senin (19/3).

Dari hasil evaluasi pengetatan barang itu, pihaknya mengaku sudah menyita sejumlah barang power bank dari para calon penumpang. Barang tersebut terpaksa disita karena melebihi kapasitas yang ditetapkan.

“Dari hasil laporan sementara, sudah ada tiga power bank yang kita sita,” jelasnya.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, menurutnya setiap calon penumpang  hanya diperbolehkan menggunakan power bank dengan kapasitas di bawah 100 watt hour (Wh), sedangkan yang 160 Wh harus mendapatkan persetujuan dari badan usaha angkutan udara.  Sementara di atas daya tersebut tidak boleh dibawa masuk dalam pesawat.

“Untuk mensosialisaikan aturan baru tersebut, kita juga sudah memanfaatkan petugas front linner. Pengetatan pemeriksaan ini selain karena regulasi juga untuk menjaga keamanan saat ada di dalam pesawat,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge