0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Belajar dari Pilgub Jakarta, PDIP Bentuk Tim Cyber

Pelatihan Tim Cyber (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Solo membentuk Tim Cyber Juang. Tim yang bergerak di dunia maya tersebut dibentuk setelah PDIP belajar dari kekalahan di Pemilihan Kepala Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tahun lalu.

“Siapa pun tahu kepemimpinan Pak Ahok bagus. Tapi karena mereka (kompetitor Ahok) begitu kencangnya membentuk opini di media sosial akhirnya kita kalah,” kata Wakil Ketua DPC PDIP Solo, YF Sukasno saat memberi materi kepada Tim Cyber Juang di Sekretariat DPC PDIP Solo, Minggu (18/3).

Hal senada disampaikan Wakil Ketua DPC PDIP Bidang Komunikasi Politik, Agitasi dan Propaganda, Ety Isworo. Partai berlogo kepala banteng itu mulai membaca pola yang sama di Pilkada Jawa Tengah.

“Waktu debat cawagub dua hari lalu, Ganjar-Yasin cuma dapat 46 persen. Sedangkan Sudirman Said- Ida 54 persen,” kata Ety mengutip hasil pooling akun twitter @Metro_TV yang diikuti 10.992 warganet.

Ety sadar hasil pooling tersebut tidak peta kekuatan politik riil karena survei di media sosial sangat mudah dimanipulasi.

“Kita tahu, mereka satu orang bisa pegang puluhan akun,” kata dia.

Namun tak dapat dimungkiri, kicauan dan status di lini masa media sosial dapat memengaruhi opini publik. Pada akhirnya, sedikit banyak akan tampak pada hasil pemilihan.

Sebagai langkah awal, PDIP mengadakan pelatihan untuk anggota partai yang akan terlibat di Cyber Juang. Acara yang digelar sesiangan itu diiktui 145 kader PDIP Solo dari seluruh ranting dan organisasi sayap. Ke depan, tim tersebut akan diperluas hingga mencakup seluruh kader PDIP.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge