0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Tiga Titik Baliho yang Boleh Dipasangi APK

Solo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menetapkan tiga lokasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) baliho pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah 2018. Penentuan titik pemasangan baliho ini setelah dilakukan kajian dan pengamatan yang matang.

“Sebelumnya ada 15 titik pemasangan baliho yang kita bidik. Akan tetapi, setelah melakukan kajian dan pengamatan yang sesuai untuk penggunaan baliho Cagub dan Cawagub 2018 cuma tiga titik,” terang Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistyo, Minggu (18/3) siang.

Tiga titik lokasi pemasangan APK baliho ini adalah Kecamatan Jebres, Kecamatan Pasar Kliwon dan Kecamatan Banjarsari. Untuk Kecamatan Jebres pemasangan baliho paslon bisa dilakukan di kawasan Ring Road dan ISI Solo. Kemudian Kecamatan Banjarsari bisa dipasang di kawasan Ngipang dan Jalan Hasanudin. Sedang Kecamatan Pasar Kliwon pemasangan dilakukan di kawasan Kenteng.

“Dua kecamatan, yakni Laweyan dan Serengan sudah kita teliti dan lakukan kajian lapangan tidak memenuhi persyaratan semua. Baik dari aspek kelayakan, kekuatan dan keamanan,” ungkap Agus.

Terkait pemasangan APK baliho paslon, Agus mengaku, pihaknya masih menunggu hasil keputusan dari KPU Jawa Tengah. Setelah keputusan itu diterima pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan tim pemenangan paslon untuk pemasangan APK baliho.

“Pemasangan baliho paslon untuk mengenalkan paslon itu sendiri kepada masyarakat. Ada bentuk APK dan bentuk bahan kampanye yang lain yang kita manfaatkan secara optimalkan. Ada pamflet dan leaflet. Semua kita cetak sekitar 5.000 buah,” katanya.

Selain itu, lanjut Agus, tim pemenangan juga diperbolehkan untuk menambah APK paslon, yakni sejumlah 150 persen. Sementara titik pemasangan APK tersebut juga sesuai rekomendasi dan arahan dari KPU Kota Solo.

“Timses pemenangan boleh menambah, tetapi sesuai dengan arahan dari kami. Jika menambah (apk) sembarangan, maka akan ditindak tegas sesuai Perwali Nomor 2 Tahun 2009 tentang Ketentuan Pemasangan Alat Peraga Kampanye,” jelas Agus.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge