0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tambah Rambu di Luar Daerah Solo

Kasi Manajen Rekayasa Lalulintas, Mudo Prayitno (timlo.net/heru gembul)

Solo – Dinas Perhubungan Kota Solo bakal menambah rambu penunjuk arah selama digelarnya manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) pembangunan overpass Manahan. Ini dimaksudkan guna memudahkan pengendara memilih rute alternatif, seiring dialihkannya arus kendaraan di berbagai ruas jalan.

“Sudah mulai dilaksanakan pemasangannya di daerah-daerah perbatasan dan akses utama menuju Solo di kabupaten sekitar,” terang Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Mudo Prayitno, Jumat (16/3).

Diungkapkan, berdasarkan pemetaan setidaknya ada enam wilayah perbatasan masih membutuhkan tambahan rambu penunjuk arah. Yakni Jurug, Jalan Adisucipto, Banyuanyar, Dawung, serta Mojo.

“Selain di daerah perbatasan yang menjadi pintu masuk kota, rencananya rambu juga akan dipasang di Kartasura (Kabupaten Sukoharjo) agar pengendara dari arah barat yang hendak menuju Sukoharjo bisa melewati jalur alternatif yakni Gentan, serta Pakis (Kabupaten Klaten) untuk memandu pengendara dari Klaten ke Sukoharjo tidak memasuki Kota Solo,” terang dia.

Sementara di kawasan sekitar proyek, Dishub telah melakukan pemasangan ratusan rambu-rambu. Ratusan rambu itu dipasang guna memandu pengendara sejak dimulainya MRLL sejak Senin (12/3).

“Kami berencana memasang rambu permanen baru di 10 titik. Saat ini sebagian penunjuk arah masih bersifat sementara dan terbuat dari MMT, sehingga rawan rusak,” terang Mudo.

Kabid Lalu Lintas Dishub Ari Wibowo menambahkan, rambu-rambu permanen yang disiapkan tersebut diupayakan mudah dipahami pengendara.

“Sesuai masukan yang kami terima, rambu tersebut harus benar-benar layak, berukuran besar dan dipasang tinggi. Dengan demikian mudah dibaca dan dimengerti,” tegas dia.

Rambu permanen itu, lanjutnya, juga disiapkan untuk MRLL usai overpass selesai dibangun.

“Nanti arahnya tinggal disesuaikan atau papannya diganti sesuai kebutuhan,” kata Ari.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge