0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Walikota Solo Lirik Lahan Milik PT KAI di Purwosari

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Pemerintah Kota Solo melirik lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) di sebelah timur depo kereta api Purwosari. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo meminta warga untuk mengajukan surat permohonan pemanfaatan lahan kepada Pemkot.

“Nanti saya sampaikan ke PT KAI atau Dirjen Perkeretaapian,” kata Rudy, Jumat (16/3).

Berdasarkan pengukuran Timlo.net melalui Google Maps, luas lahan tersebut melebihi 1.500 meter persegi. Lahan tersebut sudah lama mangkrak sehingga Pemkot ingin memanfaatkannya untuk ruang publik. Khususnya untuk menyediakan tempat bermain bagi anak-anak yang semakin langka karena menjamurnya bangunan di kota.

“Daripada mangkrak mending kita gunakan. Diminta sewa pun kita mau,” kata dia.

Ketua RT 07 RW 10, Dian Sakti mengatakan PT KAI sempat berkeinginan membangun stasiun bongkar muat kereta pengangkut semen di lahan tersebut. Namun rencana itu batal karena diprotes warga. Sejak saat itu, lahan tersebut mangkrak sehingga menjadi sarang ular dan binatang berbahaya lainnya.

“Warga sudah beberapa kali saya ajak membersihkan lahan itu. Sedikit-sedikit sudah mulai kelihatan bersih,” kata dia.

Ia menambahkan pihaknya menyambut baik usulan Walikota tersebut. Pasalnya, warga setempat kesulitan menyediakan tempat bermain bagi anak-anak. Akibatnya, mereka harus bermain di jalan lingkungan di bawah pengawasan orang dewasa.

“Sesegera mungkin kita siapkan (surat permohonan). Ini kan prosesnya tidak bisa instan karena harus melibatkan PT KAI juga. Semakin cepat surat kita sampaikan semakin cepat prosesnya berjalan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge