0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

TPU Kerten bakal Disulap Jadi Taman Cerdas

Warga menanti kedatangan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo di bakal lokasi Taman Cerdas Kerten, Jumat (16/3) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Setelah membangun sembilan Taman Cerdas di berbagai kelurahan, kini Pemkot Solo berencana membangun Taman Cerdas di Kelurahan Kerten, Kecamatan Banjarsari. Taman tersebut rencananya dibangun di atas Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang sudah lama tidak digunakan karena penuh.

“Pendataan dan sosialisasi kepada ahli waris sudah kita lakukan. Tinggal memindahkan makam saja,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meninjau lokasi, Jumat (16/3).

Menurut Rudy –sapaan akrab Walikota Solo, lokasi TPU tersebut sudah selayaknya dipindah karena berada di tengah-tengah permukiman. Selain itu, jumlah makam di sana sudah tidak bertambah sejak tahun 1970-an.

“Pemakaman di tengah permukiman warga kan rasanya tidak pas. Lahannya akan kita gunakan untuk memberi sarana bermain dan belajar untuk anak-anak,” kata dia.

Terdapat sekitar 300-an makam yang berada di lahan tersebut. Ratusan makam akan dipindahkan ke TPU lain sesuai permintaan ahli waris. Setelah pemindahan makam selesai, pengerjaan fisik akan segera dilaksanakan.

“Desainnya sudah ada. Cuma tadi memang saya minta ada perubahan sedikit agar pohon-pohon di sana tetap dipertahankan,” kata dia.

Menurut rencana, taman tersebut akan dibangun mulai awal tahun 2019 mendatang. Anggaran pembangunan sudah disusun oleh pihak Kelurahan dan akan segera diusulkan di Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019.

“Kebutuhan anggarannya sudah kita hitung sekitar Rp 2 miliar,” kata Lurah Kerten, Farida.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge