0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Apple App Store di Iran Menghilang

Apple Store. (Google.)

Timlo.net—Para pengguna iPhone di Iran tidak bisa lagi mengakses App Store sejak Kamis (15/3). Sepertinya toko aplikasi itu diblokir total di negara itu, tulis The Verge. Apple memang tidak menjual iPhone atau mendirikan toko di Iran. Tapi para penduduk di sana masih bisa membeli iPhone dan produk Apple lainnya dari negara lain. Mereka lalu mengakses App Store yang dimaksudkan untuk wilayah lain. Tapi sepertinya sekarang Apple menutup akses dari Iran sepenuhnya.

Sayangnya tidak jelas pihak mana yang memulai pemblokiran total. Apakah hal ini merupakan inisiatif Apple sendiri atau berasal dari pemerintah Iran? Bisa jadi hal ini dikarenakan sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran yang bertambah sejak tahun lalu. Apple belum berkomentar terkait perubahan ini. Perusahaan itu juga belum membalas pertanyaan yang dikirim The Verge.

Jika pemblokiran ini bersifat permanen, maka para pengguna iOS di Iran harus menggunakan layanan VPN (virtual private network) untuk mengakses App Store. Walaupun hal ini bisa dilakukan, tapi hal ini membuat penggunaan perangkat iOS menjadi tidak nyaman.

Para pengguna Iran yang mencoba membuka App Store akan menerima pesan, “App Store tidak tersedia di negara atau wilayah di mana Anda berada.” Apple mulai menghapus aplikasi yang dikembangkan Iran dari App Store tahun lalu. Pada Januari 2017, mereka menghapus aplikasi untuk transaksi bisnis yang dikembangkan pengembang Iran.

Pada Agustus 2017, perusahaan itu menghapus sejumlah aplikasi populer dari negara itu. Termasuk layanan transportasi online dan layanan pengiriman makanan. “ Di bawah aturan sanksi AS, App Store tidak bisa menerima, mendistribusikan, atau melakukan bisnis dengan aplikasi atau pengembang yang terhubung dengan negara-negara tertentu yang terkena embargo dari AS,” tulis Apple waktu itu. Sepertinya pada era pemerintah Donald Trump, Apple lebih giat mematuhi hukum.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge