0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mahasiswa Farmasi UMS Raih Emas di WINTEX 2018

Rektor UMS Dr Sofyan Anief didampingi Dekan Fakultas Farmasi Aziz Saifudin, PhD serta tim UMS peraih Emas saat memberi keterangan (timlo.net/eko prasetyo)

Sukoharjo – Mahasiswa Jurusan Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih medali emas dalam kompetisi teknologi tingkat dunia bertajuk World Invention and Technology Expo (WINTEX) 2018. Tim UMS mengalahkan 95 peserta dari 10 negara. Kompetisi ini berlangsung tanggal 12-13 Maret 2018 di Institut Teknologi Bandung (ITB).

”Selain membanggakan, prestasi itu diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lain untuk meraih hal sama yaitu mencetak prestasi-prestasi tingkat dunia lain,” ungkap Rektor UMS Dr. Sofyan Anief didampingi Dekan Fakultas Farmasi Aziz Saifudin, PhD serta tim UMS peraih Emas dalam keterangannya di depan wartawan, Kamis (15/3).

Sofyan mengemukakan, saat ini UMS sedang gencar meraih prestasi tingkat dunia. Hal itu sebagai upaya untuk menempatkan UMS sebagai universitas tingkat dunia atau world class university.

“Kami sangat bangga dengan prestasi mahasiswa jurusan farmasi ini, apalagi lawan-lawannya tidak mudah beberapa diantaranya berasal dari China, Amerika, Kroasia dan lainnya. Dan mereka pantas mendapat penghargaan,” ujarnya.

Pada kompetisi WINTEX 2018 kali ini, menurut Rektor, mahasiswa UMS membuat karya sederhana yakni alat deteksi kandungan merkuri pada sebuah bahan, dimana kebanyakan terdapat di kosmetik.

Mahasiswa yang berkompetisi pada WINTEX 2018 merupakan satu tim yang dipimpin oleh Bayu Aji dan anggotanya adalah Tyas Utomo, Yusdan Nisa, Nazi Ilham dan Lia Intan. Mereka menciptakan alat sederhana dengan harga yang terjangkau.

“Selama ini alat deteksi merkuri berbasis teknologi sangat mahal. Bahkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Itulah yang mendorong kami untuk menciptakan alat deteksi merkuri yang lebih simpel atau sederhana ,” ujar Bayu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge