0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Posko Damkar Kota Barat Dipindah

posko damkar darurat di gedung serbaguna mangkubumen (timlo.net/heru gembul)

Solo — Dinas Pemadam Kebakaran memindahkan satu armadanya ke Gedung Serbaguna Mangkubumen. Hal itu dilakukan sebab posko Kota Barat terdampak pembangunan overpass Manahan.

“Kalau ada peristiwa di utara rel kita kesulitan. Harus berputar dan macet. Untuk itu kita ingin memindahkan armada,” jelas Kepala Damkar, Gatot Sutanto, Kamis (15/3).

Awalnya, terang Gatot, pihaknya hendak memindahkan seluruh armadanya ke dalam komplek stadion Manahan. Ijin dari walikota pun juga telah dikantongi. Namun, lantaran ada pertimbangan lain, rencana itu urung dilaksanakan.

“Parkir Stadion Manahan yang sebelumya dipandang cukup representatif untuk posko darurat Dinas Pemadam Kebakaran. Tapi kita batalkan, karena kalau di stadion ada acara, nanti kita susah untuk manuvernya,” terang Gatot.

Gedung Serbaguna Mangkubumen dipandang lebih representatif. Selain lokasinya berada dipinggir jalan besar, gedung yang berada di pojokan perempatan Pemuda itu juga tak terdampak pembangunan overpass.

Gatot memastikan bahwa armada dan petugas yang disiapkan di pos darurat itu tetap dibekali dengan alat komunikasi yang mumpuni. Hal itu akan membuat posko darurat tersebut tetap terhubung dengan pos induk, yang diharapkan tidak mengganggu performa dari petugas.

Sementara salah seorang petugas Damkar, Andi Kusjatmiko mengatakan, ada perubahan struktur regu penjinak api yang dilakukan baik di Pos Kota Barat maupun di Posko Darurat Mangkubumen. Dari regu awal yang jumlahnya 6 personil, saat ini masing-masing regu akan diisi oleh 4 orang saja. Meski demikian, Damkar memastikan penanganan kebakaran tak akan terganggu.

“Sudah ada pembagian yang jelas di setiap pos, jadi tidak akan mengurangi gerak dalam menjalankan tugas,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge