0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Long Weekend, Load Factor KA dan Pesawat Diprediksi Melonjak

(Ilustrasi) Bandara Adi Soemarmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Jumlah keterisian penumpang (load factor) kereta api (KA) saat periode libur panjang akhir pekan diprediksi mengalami lonjakan. Untuk mengakomodasi tingginya lonjakan itu, PT KAI akan operasikan KA tambahan.

“Kita akan mengoperasikan dua rangkaian KA tambahan. Yaitu KA Argo Lawu fakultatif dan KA Argo Dwipangga fakultatif,” ujar Kepala Sub Urusan Pelayanan Komersial Stasiun Solo Balapan, Budi Arifin kepada wartawan,  Kamis (15/3).

Untuk KA Argo lawu fakultatif, lanjut dia akan dioperasikan pada Jumat (16/3) sore dari Jakarta menuju Solo. Sementara untuk KA Argo Dwipangga fakultatif akan dioperasikan pada Minggu (18/3).

Pengoperasian KA tambahan itu, menurutnya karena saat momen long weekend banyak masyarakat yang ingin bepergian untuk liburan. Sehingga tingkat keterisian penumpang pada KA reguler banyak yang sudah penuh.

“Kalau libur panjang memang trennya terjadi lonjakan jumlah penumpang. Sehingga dengan adanya penambahan KA ini harapannya bisa mengakomodasi kebutuhan penumpang,” jelasnya.

Tidak hanya KA, lonjakan jumlah penumpang juga diprediksi terjadi untuk transportasi maskapai udara. Airport Operation, Services, and Hospitality Section Head PT AP I Bandara Adi Soemarmo, I Wayan Ova Arantika, menyampaikan, pada saat libur panjang akhir pekan itu jumlah penumpang di bandara diprediksi melonjak.

“Kalau kondisi normal jumlah penumpang di bandara sekitar 3.700, tapi saat long weekend besok kita prediksi bakal melonjak hingga 4.500 – 5.000 penumpang,” terangnya.

Kendati bakal terjadi lonjakan, namun ia memastikan selama periode tersebut tidak ada penambahan jadwal penerbangan yang dilakukan para maskapai. Hal itu karena penerbangan reguler yang ada, dianggap masih mampu mengakomodasi kebutuhan penumpang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge