0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Simulasi Pengamanan Pilgub

Massa Culik Ketua KPU, Ini yang Dilakukan Polisi

Penangkapan penculik dalam simulasi Sispamkota di Stadion Manahan, Solo (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ketua Komisi Pemulihan Umum (KPU) diculik oleh massa yang  merasa tidak puas dengan hasil penghitungan surat suara usai digelar digelar pemungutan suara Pilkada serentak. Mereka melakukan aksinya secara terorganisir, cepat dan rapi.  Tim dari Polresta Solo pun bertindak cepat dengan melakukan pengejaran hingga akhirnya berhasil membekuk para penculik.

Aksi penculikan terhadap Ketua KPU itu merupakan bagian dari Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang diadakan di Lapangan Parkir Stadion Manahan, Solo pada Kamis (15/3) siang.

“Skenario penculikan ini mungkin terlihat ekstrim. Akan tetapi lebih baik kita antisipasi daripada besok terjadi,” kata Kapolresta Solo Kombes Pol Ribut Hari Wibowo kepada wartawan.

Selain aksi penculikan, dalam Sispamkota yang digelar juga menunjukkan skenario pemecahan konsentrasi massa dengan menerjunkan kendaraan Water Cannon. Tak hanya itu, Brimob Detasemen C Pelopor juga turut diterjunkan jika kondisi telah di luar kendali.

“Kami melakukan persiapan matang supaya mengantisipasi hal yang tak diinginkan saat penyelenggaraan Pilgub 27 Juni mendatang,” jelas Kapolresta.

Pihaknya berharap, simulasi Sispamkota dipahami oleh masing-masing personel yang terlibat. Dengan begitu, jika terjadi hal yang tal diinginkan mereka dapat mengantisipasi sesuai dengan tugas dan fungsi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge