0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dinas PMD Nilai Tidak Ada Penyelewengan

Kabid Pemdes Dinas PMD Wonogiri, Totok Sugiyarto (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Soal dugaan penyimpangan dalam penggunaan dana desa di Desa Semagar Kecamatan Girimarto diklaim hanyalah miss komunikasi (salah paham). Bahkan, dalam pertemuan yang digawangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Wonogiri diketahui bahwa dalam penggunaan dana desa tersebut tidak terjadi penyelewengan.

“Dari hasil kajian kami ini, tidak ada indikiasi penyelewengan. Sebab, silpa yang muncul selisihnya hanya sedikit,” ungkap Kabid Pemdes Dinas PMD Wonogiri, Totok Sugiyarto, Rabu (14/3).

Kabid Pemdes mengatakan, sampai saat ini belum menemukan adanya indikasi penyimpangan. Meski begitu, wajar saja apabila warga meminta penjelasan karena memang ada yang penting untuk dijelaskan lebih detail, terutama soal Silpa yang merupakan sisa anggaran kegiatan.

“Hal itu lah yang membuat warga curiga. Silpa APB Desa 2017 tercatat senilai lebih dari Rp 64 Juta. Sementara Silpa APB Desa 2016 lebih kurang Rp 7 Juta,” ujarnya.

Camat Girimarto Suparmo menegaskan, secara prinsip pihaknya menampik jika ada indikasi penyelewengan dengan penggunaan dana desa di Desa Semagar. Pasalnya, semua kegiatan telah rampung dan lolos audit dari inspektorat.

Suparmo juga menyayangkan kinerja BPD di desa setempat yang terkesan menunggu, sehingga persoalan ini meruncing. Seharusnya, sesuai tupoksinya BPD harus bereaksi cepat dan selayaknya memanggil pemerintah desa untuk membeberkan secara gamblang soal kegiatan dan yang terkait dengan penggunaan dana desa.

“Salah satu indikator adanya silpa adalah perencanaan yang buruk,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge