0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Operasi di SMPN 2 Jaten, 52 Motor Siswa Ditahan

Karanganyar — Sebanyak 52 unit sepeda motor milik peserta didik SMPN 2 Jaten diamankan di sekolah itu oleh aparat Polsek setempat, Senin (12/3). Ini merupakan penegas bahwa penggunaan sepeda motor oleh anak di bawah umur dilarang.

“Sebagai pembinaan dari kepolisian kepada anak-anak belum cukup umur memiliki SIM namun nekat membawanya berkeliaran. Termasuk pulang pergi sekolah. Ada 52 sepeda motor. Enggak ditilang. Boleh dibawa pulang tapi oleh orang tuanya. Sekaligus membuat surat pernyataan bahwa tidak akan mengendarai sepeda motor lagi selama belum memiliki SIM,” kata Wakapolsek Jaten Iptu Maryadi kepada Timlo.net, Senin (13/3).

Dari 53 unit yang ditahan, dua diantaranya dimodifikasi tak sesuai spesifikasi ranmor. Maryadi mengatakan penggunaan sepeda motor oleh anak di bawah umur memicu banyak problem. Mulai kecelakaan lalu lintas sampai kenakalan remaja lainnya. Biasanya, mereka memakai sepeda motor untuk berbuat hal kurang bagus. Di sekolah ini, Maryadi memasukkan sosialisasinya melalui pembinaan di upacara bendera hari Senin. Hal serupa akan dilakukan di SMP lain di wilayahnya.

Selanjutnya, seluruh wali murid yang membawa sepeda motor dipanggil untuk mengambilnya. Selain itu para siswa juga membuat surat pernyataan bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatannya.

“Sebelum memiliki SIM, jangan sampai ada siswa yang mengendarai sepeda motor apalagi mobil, baik di sekolah maupun saat di rumah,” ucap Maryadi yang disaksikan oleh para guru.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge