0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembangunan Kereta Bandara, Hunian Liar di Dua Kelurahan Ini Batal Ditertibkan

Proyek Kereta Bandara Solo segera dimulai (dok.timlo.net/gg)

Solo — Penertiban hunian liar di bantaran rel kereta api di Kelurahan Gilingan dan Nusukan batal dilaksanakan tahun ini. Hal itu dilakukan lantaran dua kelurahan tersebut tidak terdampak langsung pembangunan jalur Kereta Api Bandara.

“Di dua kelurahan itu kan sudah ada jalur eksisting,” kata Sekteratis Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Pembangunan Kereta Bandara, Dandung Iskandar, Selasa (13/3).

Awalnya, terang Dandung, penertiban lahan bantaran untuk pembangunan Kereta Bandara ditaretkan di tiga Kelurahan di Solo yaitu Nusukan, Gilingan, dan Kadipiro. Namun belakangan pemerintah memprioritaskan kelurahan Kadipiro yang terdampak langsung pembangunan jalur baru. Sedangkan di Kelurahan Nusukan dan Gilingan, PT KAI sudah memiliki jalur yang setiap hari dilalui kereta arah Semarang.

“Sementara kita pusatkan di lokasi pembangunan Stasiun Kadipiro karena kita butuh membangun tiga jalur di sana,” kata Staf Balai Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah itu.

Dari stasiun Kadipiro tersebut, jalur kereta akan bercabang ke Semarang dan Bandara. Jalur ke arah Semarang sendiri sudah beroperasi sejak lama. Sedangkan jalur menuju Bandara hingga saat ini belum mulai dibangun meski Presiden Joko Widodo telah menargetkan kereta tersebut harus beroparsi tahun ini.

“Pendataan sudah kita lakukan. Ini sedang identifikasi setelah itu appraisal. Selanjutnya akan diterbitkan SK Gubernur bagi warga yang terdampak pembangunan jalur kereta bandara,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge