0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Incar WTP, Pemkot Setor Laporan Keuangan Lebih Awal

Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo (foto: Rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo berambisi untuk kembali menyabet Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk ke delapan kali. Laporan keuangan Pemkot Solo diserahkan Senin (12/1) kemarin jauh sebelum tenggat akhir yang ditetapkan BPK pada 31 Maret setiap tahunnya.

“Laporan sudah kita serahkan kemarin. Tinggal menunggu hasil audit dari BPK saja,” kata Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, Selasa (13/3).

Laporan keuangan tersebut diserahkan langsung oleh Purnomo didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Yulistianto kepada BPK. Purnomo yakin Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang disajikan Pemkot Solo akan kembali meraih opini WTP karena Pemkot telah menyiapkannya dengan maksimal.

“Sejak awal kita sudah mengarahkan kepala-kepala dinas supaya menyrahkan laporan keuangan lebih awal,” kata dia.

Sementara itu, Budi mengatakan opini WTP merupakan penghargaan yang diberikan BPK kepada lembaga yang menyajikan laporan keuangan yang memenuhi standar laporan keuangan Indonesia tanpa adanya kesalahan material.

“Artinya pengguna laporan bisa mengandalkan laporan keuangan itu untuk mengambil keputusan,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menambahkan opini WTP yang diraih Solo hingga tujuh kali berturut-turut murni diperoleh dengan kerja keras Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkot Solo.

“Kita sama sekali tidak pernah pakai amplop-amplopan. Laporan kita sampaikan apa adanya,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge