0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pendeta Gereja Kristen Deklarasi Anti Berita Hoax, Ini Pernyataannya

Para pendeta perwakilan dari gereja gereja Kristen bersama Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono membentangkan spanduk deklarasi anti berita hoax (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Para pendeta perwakilan dari gereja-gereja Kristen di Kabupaten Klaten mendeklarasikan pernyataan sikap anti berita hoax di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Klaten, Selasa (13/3). Deklarasi itu dilakukan karena maraknya berita- berita yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan di kalangan masyarakat.

“Deklarasi ini sebagai tanggung jawab moral kami supaya Klaten aman dan kondusif. Selain itu, sebagai wujud turut menjaga keamanan, ketentraman, dan kedamaian NKRI,” ujar Ketua Forum Kerjasama Eklesia Gereja-gereja (FKG) Klaten, Pendeta Sugeng Prasetya, Selasa (13/3).

Sugeng yang sehari-hari berkarya di GKJ Klaten ini menerangkan, deklarasi bermula dari arahan Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono, beberapa waktu lalu untuk menyikapi maraknya berita-berita hoax di media sosial (Medsos). Sebab, banyak ungkapan- ungkapan di medsos bernada tidak membangun maupun menjurus perpecahan NKRI.

“Karena sifatnya potensi, kami para pendeta turut mengantisipasi untuk memberikan pembelajaran positif kepada jemaat untuk melawan berita hoax. Jangan sampai jemaat ikut menjadi agen berita hoax atau membuat kalimat yang tidak baik dan menyebarkan berita-berita yang bisa memicu konflik,” terangnya.

Berikut 3 poin pernyataan Deklarasi Anti Berita Hoax oleh segenap gereja, pendeta dan umat Kristen  se-Kabupaten Klaten:

1. Bertekat turut serta menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

2. Dengan tegas menolak dan tidak membenarkan segala bentuk pemberitaan menggunakan media apapun  yang berisi berita-berita hoax berupa fitnah, ujaran kebencian, intoleransi dan sejenisnya yang disebarkan untuk menciptakan kekacauan apalagi bersifat mengancam keutuhan NKRI.

3. Kami akan berperan aktif menjalin bekerjasama dan kebersamaan dengan siapapun juga untuk mewujudkan perdamaian, keamanan, dan tegak berdirinya NKRI.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge