0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tangkal Kredit Macet, BRI Klaten Gandeng Kejaksaan

Pimpinan Cabang BRI Klaten dan Kepala Kejaksaan Negeri Klaten menunjukkan nota kesepakatan bersama pendampingan hukum di bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten siap memberikan pendampingan hukum di bidang Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) kepada PT BRI (Persero). Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) antara Kejari dengan Pimpinan Cabang BRI Klaten di Aula Kejari Klaten, Selasa (13/3).

“Kami siap memberikan bantuan hukum maupun pendampingan hukum dalam menyelesaikan permasalah bidang Datun yang ada di BRI,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Klaten, Zuhandi, Senin (13/3).

Zuhandi membeberkan, bentuk bantuan maupun pendampingan hukum itu seperti penanganan kredit-kredit bermasalah. Harapannya, para penunggak kredit lebih taat dalam melaksanakan kewajibannya menyelesaikan kredit macet.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Klaten, Nirwanus Halfi A, mengatakan tujuan MoU tersebut mengembalikan dan menyelamatkan aset negara yang dikelola oleh perbankan. Adapun kredit bermasalah alias Non Performing Loan (NPL) BRI Klaten hingga saat ini masih di bawah satu persen.

“Pengelolaan aset-aset ini terhambat oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Maka kami menggandeng kejaksaan agar memiliki efek jera. Pasalnya pihak ketiga ini (debitur bermasalah) secara finansial masih punya kemampuan, tapi tidak memenuhi kewajibannya,” kata Halfi, enggan menyebut persantase penyaluran kredit macet BRI Klaten apakah didominasi kredit modal kerja, konsumsi, atau pun investasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge