0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kasus Pungli, Kades Teras Terancam Diberhentikan Sementara

Kejaksaan Negeri Boyolali (dok.timlo.nrt/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispesmasdes) bakal memberikan sanksi tegas terhadap Kades Teras, Heri Dwi Widianto, tersangka kasus pengungutan liar (Pungli) yang saat ini ditahan di Kejaksaan Negeri Boyolali.

“Untuk status Kades Teras, sedang kita lakukan kajian hukum,” Kata Kepala Dispesmasdes Boyolali, Purwanto, Selasa (13/3).

Dijelaskan, kajian hukum yang dilakukan nanti untuk memberikan sanksi pemberhentian sementara Kades Teras dari jabatanya. Status pemberhentian sementara Kades Teras karena saat ini yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka.

“Proses hukumnya kan masih berjalan, jadi dia (kades Teras) belum memiliki kekuatan hukum tetap,” tambahnya.

Di sisi lain, bila nanti Kades Teras terbukti bersalah dalam persidangan, maka pihaknya siap menghentikan dari jabatanya. Saat ini, pihaknya sedang menyiapkan Pelaksana tugas (Plt) Kades Teras.

“Kita juga masih menunggu surat resmi dari pihak Kecamatan Teras,” imbuhnya.

Terpisah, Kades Teras, Heri Dwi Widianto, mengaku pasrah dengan kasus yang membelitnya. Heri mengaku siap menghadapi proses hukum. Terkait pemberhentian sementara dari jabatanya, Heri mengaku siap dengan resikonya.

“Saya siap menjalani. Yang jelas saat pengurusan pertama dan kedua semuanya beres,” ujarnya ditemui di Kejaksaan Negeri Boyolali.

Kades Heri Dwi Widianto saat ini dititipkan ke Rutan Boyolali selama 20 hari. Kades Heri dijadikan tersangka atas kasus pungutan liar terhadap pengembang perumahan di wilayahnya. Heri dijerat Pasal 12 huruf e UU RI No 31 TH 1999 sebagaimana sudah diubah dalam UU RI No 20 TH 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge