0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

UMS Terjunkan 1.227 Mahasiswa KKN Pendidikan

Sekretaris Rektor UMS Dr Anam Sutopo (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerjunkan sebanyak 1.227 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) peserta Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN Dik) di enam kabupaten di wilayah eks Karesidenan Surakarta, 13 mahasiswa diantaranya di luar Jawa.

“KKN Dik diterjunkan di Ranting-Ranting Muhammadiyah. Setiap ranting mendapat jatah 10 mahasiswa KKN Dik,” ungkap Sekretaris Rektor UMS Dr Anam Sutopo kepada wartawan, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (13/3).

Anam yang juga pengajar FKIP UMS mengemukakan, KKN Dik berbeda dengan KKN untuk fakultas lainnya, karena melalui KKN Dik, mahasiswa sebagai calon guru harus mengasah kemampuan softskill dengan menyatukan diri bersama masyarakat.

KKN Dik ini, menurut Anam, memfokuskan pada pendidikan, tetapi mahasiswa dituntut meningkatkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadiannya. Saat siang hari melaksanakan KKN Dik dengan mengajar di sekolah Muhammadiyah, tetapi  pada malam hari berbaur dengan masyarakat melalui ranting dan cabang Muhammadiyah, misalnya membangun kegiatan pengajuan

Anam yang juga Pakar Pendidikan UMS berpendapat, KKN Dik tidak saja meningkatkan kualitas  lulusan FKIP UMS, tetapi dihadarapkan kelak sebagai guru memiliki 4 kompetensi yakni kompetsni profesional, akademik, kepribadian dan sosial.

“Dua kompetensi terakhir ini tidak ada dalam kampus , jadi harus berbaur dengan masyarakat,” jelasnya.

Selama berada bersama masyarakat pedesaan tertinggal, selain membantu pelajaran siswa sekolah, juga membantu rintisan pengajian baru, menghidupkan kelompok pendidikan masyarakat, serta kegiatan lain yang memacu aktivitas cabang dan ranting. Pihaknya mentargetkan, minimal mahasiswa berhasil membentuk kajian Ahad pagi, atau bersama pemuda setempat membentuk bimbingan belajar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge