0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kenapa Kucing Suka Membawa Binatang Mati Kepada Pemiliknya?

Kucing hitam. (indy100.com)

Timlo.net—Kucing adalah binatang yang rumit. Di satu sisi, mereka imut-imut, pemalas dan suka dimanja. Tapi di sisi lain, kucing adalah predator mematikan. Sebagian besar pemilik kucing pasti sering melihat perilaku aneh mereka yang satu ini. Mereka membawa pulang binatang kecil ke rumah. Kadang-kadang binatang itu sudah mati dan kadang-kadang masih hidup. Tidak hanya dibawa pulang, kucing membawa dan meletakkan binatang itu tepat di depan Anda. Seolah-olah binatang kecil itu adalah hadiah. Lantas apa alasan di balik perilaku binatang itu?

Rupanya perilaku ini adalah perilaku yang umum dimiliki kucing. Beberapa penelitian menunjukkan jika kucing betina yang paling sering melakukannya. Hal ini bermula ratusan ribu tahun lalu sebelum kucing dijinakkan. Kucing adalah binatang yang hidup di alam liar. Mereka juga adalah predator karnivora, tulis Metro.co.uk.

Untuk mengajari anak mereka cara membunuh dan memakan binatang, induk kucing akan membawa binatang buruan. Awalnya sang kucing betina, akan membawa mangsa yang sudah mati. Sang ibu itu juga akan mengajari anak-anaknya cara memakan binatang itu.

Setelah itu, sang induk akan membawakan binatang yang hampir mati. Tujuannya supaya anak-anaknya belajar cara membunuh mangsa dan memakannya. Induk kucing berharap anak-anak mereka akan tumbuh menjadi kucing yang bisa berburu dan bertahan hidup. Bahkan induk kucing akan melakukan ini pada bayi kucing yang bukan bayi mereka.

Pada zaman modern ini, kucing masih melakukan hal serupa. Jadi mereka membawa tikus kecil atau burung pipit kepada kita. Jika binatang kecil itu masih hidup, mereka berniat mengajari sang pemilik cara membunuh hewan itu.

Alasan lain adalah keinginan untuk menjalin ikatan dengan pemilik mereka. Atau keinginan untuk memberi kesan atau pamer terhadap pemilik mereka. Biasanya kucing jantan yang punya keinginan untuk pamer. Oleh karena itu mereka membawa binatang kecil kepada tuan mereka. Tidak hanya binatang, kucing juga membawakan benda-benda lain sebagai hadiah. Benda itu bisa berupa kantong teh, spons, sarung tangan, kaos kaki, daun dan serangga kecil.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge