0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Cara Menyeduh Teh Hijau yang Benar

Menyeduh teh hijau. (thekitchn.com)

Timlo.net—Mungkin Anda sudah pernah mencoba teh hijau dan tidak menyukainya. Teh itu terlalu keras, rasanya seperti rumput atau bahkan pahit. Padahal hal ini bisa jadi dikarenakan cara menyeduhnya yang salah.

Teh hijau yang diseduh dengan benar seharusnya kaya rasa, tidak terlalu pahit dan meninggalkan kesan di lidah kita. Menyeduh teh tidaklah harus rumit. Tapi tetap ada beberapa hal yang perlu diketahui supaya hasilnya maksimal.

Situs thekitchn.com membagikan cara menyeduh teh ini dengan baik:

Resep untuk secangkir teh hijau (gandakan jumlahnya bila ingin)

Bahan:

-177,4 ml air (tambah air jika perlu menghangatkan cangkir atau teko)

-2 gram atau sekitar satu sendok teh daun teh hijau

Perlengkapan:

-Teko untuk merebus air

-Termometer (opsional)

-Teko teh

-Sendok ukur atau timbangan

-Saringan teh

-Cangkir teh

Langkah-langkah untuk menyeduh:

1. Rebus air

Rebus air hingga mencapai suhu 71,1 C hingga 82,2 C. Jika Anda tidak punya termometer, rebus air hingga hampir mendidih. Teh hijau Jepang biasanya direbus dengan suhu lebih rendah (71,1 C hingga 76,6 C). Sementara teh hijau Cina diseduh dengan suhu lebih tinggi (76,6 C hingga 82,2 C).

2. Hangatkan teko atau cangkir teh

Langkah ini opsional. Tuangkan sedikit air mendidih ke dalam teko atau cangkir teh. Sesudah teko atau cangkir hangat, buang air itu.

3. Timbang daun teh

Gunakan timbangan digital, timbang daun teh hingga mencapai berat 2 gram. Jika tidak memiliki timbangan, gunakan 1 sendok teh daun teh hijau.

4. Masukkan daun teh

Masukkan daun teh ke dalam teko atau cangkir teh. Kalian juga bisa memasukkan daun teh ke dalam saringan.

5. Tuangkan air

Tuangkan air mendidih tadi ke dalam teko atau cangkir.

6. Tutup teko atau cangkir

Tutup teko atau cangkir dengan tutup.

7. Rendam teh

Tergantung dari jenis teh hijau yang Anda gunakan. Tapi durasi perendaman paling tidak antara 1 hingga 3 menit. Bila daun teh berukuran kecil, proses perendaman lebih cepat dibandingkan daun yang besar. Saat mencapai 1 menit, cicipilah rasa teh itu. Ulangi lagi setiap 30 detik hingga sesuai dengan selera Anda. Jika sudah sesuai selera, daun teh siap dibuang.

Daun teh utuh bisa digunakan kembali 2 hingga 3 kali. Rasanya akan berubah setiap kali digunakan. Selain itu suhu air yang digunakan untuk teh hijau Jepang dan Cina berbeda.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge