0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pengguna Android di AS Lebih Setia Dibandingkan Pengguna iOS

Loyalitas pengguna Android dan iOS di Amerika Serikat (AS). (gsmarena.com)

Timlo.net—Menurut penelitian terbaru yang dilakukan CIRP, Android unggul dalam hal loyalitas penggunanya di Amerika Serikat (AS). Hal ini sudah berlangsung sejak 2014. Walaupun loyalitas pengguna Android dan iOS berbeda tipis pada 2016.

Tahun lalu, 91% warga Amerika yang menggantikan ponsel Android lama mereka memiliki perangkat baru dengan OS buatan Google itu. Sementara itu, hanya 86% pengguna iOS yang tetap setia.

Faktor kebiasaan memegang peranan. Begitu Anda terbiasa dengan sebuah OS, semakin mudah untuk tetap setia dibandingkan harus belajar OS lain. Aplikasi yang dibeli dari toko aplikasi juga menjadi faktor lain. Para pengguna enggan berpindah OS karena harus membeli lagi aplikais yang sama, tulis GSM Arena.

Android lebih unggul karena ada belasan perusahaan yang memproduksi ponsel Android. Beberapa pengguna tetap setia karena terbiasa dengan OS ini. Sementara yang lain suka Android karena merasa leluasa memodifikasinya. Mereka merasa ada ruang untuk bereksperimen dengan Android. Sementara iOS hanya bisa digunakan pada hardware Apple.

Yang menarik, rekanan dan salah satu pendiri CIRP, Mike Levin berkata jika layanan memegang peran penting. Hal-hal seperti penyimpanan seperti iCloud atau Google Drive bisa menjadi alasan utama kesetiaan pengguna. Sekarang, Apple dan Google perlu memikirkan cara bagaimana menjual lebih banyak layanan, ujar Mike.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge