0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Prodi Sejarah FIB Hadirkan Peter Carey

Peter Carey saat berbicara sejarah korupsi (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) menghadirkan Prof Dr Peter Carey dari Belanda untuk mengisi kuliah tamu. Peter berbicara tentang Korupsi di Indonesia dalam Silang Sejarah: Merajut Harkat di Jaman Edan, di ruang seminar FIB, UNS, Solo, Kamis (8/3).

“Berperang melawan korupsi bukanlah proses yang biasa begitu saja selesai, prosesnya sangat panjang. Salah satu tantangan bagi kita. perlu satu revolusi mental yang tidak pernah berhenti,” ungkap Peter di depan 180-an peserta mahasiswa dari prodi sejarah, pendidikan sejarah dan akademisi sejarah di UNS.

Tema korupsi memang sangat menarik karena, kata Peter, istilah korupsi hampir setiap hari di dengar. Kasus-kasus korupsi yang sekarang ditangani lembaga hukum menjadi santapan media massa setiap harinya.

“Bahwa korupsi sudah cukup menggurita di hampir setiap jaman dan mempunyai sejarah yang panjang. Dimulai dari jaman kerajaan dulu dari sekarang era modern,” jelasnya.

Dalam paparanya Peter Carey mengungkap tentang sejarah awal mula korupsi. Di mulai dari negara Inggris yang pada abad ke 18 menjadi terkorup di Eropa, Proses mahar politik sudah marak pada jaman tersebut sampai dengan kasus korupsi E-KTP.

Sementara Susanto selaku moderator juga dosen sejarah mengatakan, mentalitas dan kepemimpinan yang harus diambil dan berani.

“Jangan menjanjikan sesuatu tapi membutuhkan sesuatu mengambil sesuatu yang bukan hak miliknya,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge