0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Polisi Tangkap Penyebar Hoaks, Modus Retas Akun Facebook

ilustrasi (Timlonet/redaksi)

Timlo.net – Polisi menangkap seorang penyebar konten hoaks berinisial KB (30). Modusnya, pelaku membuat blog di layanan blog gratis blogspot dengan nama akun yang mirip dengan nama sejumlah media besar.

“Hampir semua media ada, misalnya, Media Indonesia, Detik, Tempo,” kata Kepala Subdit I Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Irwan Anwar di Gedung Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (8/3).

Dari pembuatan blogspot tersebut, KB memperoleh keuntungan dari jumlah “clickers”. Konten hoaks diunggahnya di blogspot-blogspot yang dibuat oleh KB.

Sejumlah konten yang diunggahnya di antaranya isu kebangkitan PKI, penganiayaan ulama dan penghinaan terhadap pejabat negara seperti Ketum PBNU Said Aqil, Ketum Partai Gerindra, Ketum PDI-P Megawati Soekarno Putri dan Imam Besar ormas Front Pembela Islam Rizieq Shihab.

“Isu-isu yang dibuatnya yakni kebangkitan PKI, penganiayaan ulama dan pencemaran nama baik terhadap tokoh dan pejabat nasional,” ungkapnya.

Kemudian KB meretas akun Facebook milik seribuan orang untuk menyebarkan pemberitaan dari sejumlah blogspot tersebut.

“Dia ‘hack’ akun-akun (FB) milik orang lain secara acak,” ucapnya.

Dari seribuan akun FB tersebut, ada tiga pemilik akun FB yang melaporkan peretasan akun FB ke polisi.

Irwan mengatakan bahwa KB berlatar belakang sarjana teknologi informasi (TI) STMIK, Bekasi, Jawa Barat. KB juga pernah bekerja sebagai wartawan sebuah media dan pernah bekerja di sebuah warung internet (warnet) di Cakung, Jakarta Timur. KB ditangkap di Jakarta Timur pada Rabu (7/3) malam.

Sumber: Antara

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge