0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Relokasi PKL Kota Barat, Disdag Upayakan Dana dari CSR

Solo — Dinas Perdagangan (Disdag) akan merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan dr Moewardi, khususnya di sekitar lapangan Kota Barat. Relokasi tersebut dilakukan untuk memberi ruang bagi proyek pembangunan Fly Over Manahan yang akan segera dimulai.

“Kita inginnya mereka masuk ke lapangan. Tapi mereka keberatan karena di sana becek,” kata Kepala Bidang PKL Disdag Solo, Didik Anggono saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/3).

Disdag sebenarnya ingin membangun shelter PKL di sisi Selatan Lapangan Kota Barat. Namun sayangnya, dana untuk pembangunan shelter tersebut belum dianggarkan di APBD 2018. Disdag berusaha mencari dana pembangunan shelter dari Corporate Social Responsibility. Menurut Didik, saat ini Disdag tengah membicarakan rencana tersebut dengan salah satu perusahaan swasta.

“Tapi ini masih belum pasti. Baru pembicaraan awal,” kata dia.

Jika rencana tersebut berjalan lancar, PKL nantinya akan memiliki shelter masing-masing di dalam lapangan Kota Barat. Jika tidak, mereka harus menunggu dana pembangunan shelter yang rencananya diajukan tahun depan. Sampai shelter Kota Barat dibangun, mereka harus berjualan di Gang Mawar.

“Atau boleh juga di Jalan Moewardi tapi dari Gang Mawar ke Selatan sampai pertigaan Kalitan,” kata dia.

Alternatif lain, Disdag juga menawarkan kepada PKL untuk ditempatkan di Jalan Hasanuddin atau di dalam pasar tradisional. Namun menurut Didik, opsi tersebut jarang diminati para PKL lantaran shelter Jalan Hasanuddin dan kios pasar dipandang kurang menguntungkan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge