0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Aturan Zonasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pilgub Jateng

Satpol PP Klaten menurunkan spanduk atau alat peraga kampanye yang terpasang di zona larangan (foto: A Wijaya)

Klaten – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten telah mengatur zona pemasangan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Bahkan KPU juga memfasilitasi pembuatan dan pemasangan APK.

“Masing-masing paslon akan difasilitasi oleh KPU berupa 5 baliho setiap kabupaten, 20 umbul-umbul di tiap kecamatan, dan 2 spanduk di tiap desa,” kata Komisioner KPU Klaten Divisi Sosialisasi, M. Anshori, Selasa (6/3).

Ia mengatakan, desain APK khususnya untuk baliho berukuran paling besar 4×7 meter baru disetujui tim kampanye kedua paslon pada 28 Februari lalu. Sedangkan zona larangan pemasangan APK berada di jalan protokol, fasilitas umum, tempat ibadah, sekolah, kantor pemerintah.

“Rencana pemasangan 5 titik baliho sesuai dengan 5 titik pada pemilihan bupati dan wakil bupati 2015 kemarin. Untuk pemasangan dari partai politik harus berkoordinasi dengan KPU terkait jumlah dan titik-titik pemasangan. Jangan sampai APK dipasang di tempat terlarang,” kata Anshori.

Diberitakan sebelumnya, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Klaten bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menurunkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) paslon, Selasa siang (6/3). Selain itu, pencopotan juga menyasar baliho, spanduk, dan banner bernada kampanye pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019.

“Semua kita tertibkan, termasuk misalnya gambar calon DPR atau calon presiden ya kita copoti. Karena kan ini belum memasuki masa kampanye. Jadi apapun itu alat peraga kampanye harus ada izin dulu dari KPU,” tandas Ketua Panwaslu Klaten, Arif Fatkhurrokhman.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge