0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tingkat Konsumsi Ikan Masyarakat Wonogiri Masih Rendah

Wonogiri — Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Wonogiri masih sangat rendah, bahkan masih di bawah rata-rata di Jateng. Dimana, konsumsi ikan baru mencapai angka 19 kilogram per kapita per tahun.

“Angka ini masih jauh dengan rata-rata tingkat konsumsi di Provinsi Jateng yaitu 22 kilogram per kapita per tahun. Sementara konsumsi secara nasional sebesar 27 kilogram per kapita per tahun. Sehingga, perlu ada upaya terus-menerus yang mendorong masyarakat agar gemar makan ikan,” ujar Kepala Dislapernak Rully Pramono Retno melalui Kabid Perikanan, Heru Sutopo, Senin (5/3).

Padahal, menurut dia, produksi ikan Wonogiri, khususnya dari Waduk Gajah Mungkur cukup tinggi. Pada 2017 mencapai sekitar 8.000 ton. Belum ditambah hasil tangkapan laut dan perairan tawar lainnya.

Produksi yang tinggi tersebut, menurut dia, mestinya dibarengi dengan konsumsi yang tinggi pula. Namun hal itu belum tercapai.

“Kami berharap dapat memunculkan inovasi keragaman masakan berbahan dasar ikan, sehingga dapat meningkatkan gizi dan konsumsi gemari, serta secara ekonomis dapat mendukung ekonomi kreatif untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge