0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pamerkan Aplikasi, Pengusaha Diajak Tinggalkan Gaya Lama

Ketua Apkomindo, Rudy D Muliadi (foto: Setyo Pujis)

Solo – Perkembangan teknologi digital yang begitu pesat tidak hanya dapat menunjang para pelaku usaha dalam memperluas akses pemasaran. Dalam hal pengadministrasian keuangan, para pelaku usaha bisa memanfaatkan aplikasi software akuntansi yang bisa digunakan untuk mempermudah pembukuan.

“Selama ini untuk pelaku UMKM saya melihat masih cukup sedikit yang menggunakan aplikasi akuntasi untuk proses pembukuan. Kalau pun sudah menggunakan sistem komputerisasi, paling yang digunakan baru sekedar Microsoft Excel,” ujar Ketua Apkomindo, Rudy D Muliadi saat menjadi pembicara dalam kegiatan workshop Sistem Administrasi Keuangan yang digelar panitia IAPE 2018 di Diamond Solo Convention Center, Jumat (2/3).

Padahal dengan menggunakan aplikasi Akuntansi, menurutnya banyak kemudahan yang bisa didapat untuk menunjang operasional usaha yang dilakukan. Diantaranya lebih praktis dan efisien karena bisa tinggal klik semua sudah terlihat data yang dibutuhkan.

Sementara jika menggunakan Microsoft Excel, dianggapnya terlalu ribet, karena proses penginputan datanya secara manual.

“Kalau pembukuan itu kan ada data penjualan, tagihan, stok yang tersedia dan lainnya. Bayangkan saja kalau menggunakan Excel, berapa kolom yang harus dibuat. Tapi kalau menggunakan aplikasi akuntansi ini tidak demikian, dia lebih praktis dan mudah karena sekali input data semuanya sudah bisa disesuaikan,” jelasnya.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, lanjut dia juga bukan hal yang rumit dilakukan. Karena di toko buku banyak tersedia petunjuk penggunaan, dan aplikasinya sendiri juga bisa didapat dengan mudah.

Sementara itu, Project Manager IAPE 2018, Bryan Wildan A terpisah menyampaikan, workshop mengenai sistem administrasi keuangan sengaja digelar guna memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM yang serius ingin membesarkan usahanya. Karena itu, peserta yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pembatasan.

“Harapan kita pameran ini tidak hanya semata-mata menyediakan produk, tapi juga bisa melakukan edukasi mengenai sistem penunjang dalam berwirausaha,” terang dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge